10 Cara Ampuh Memperkuat Sinyal Wifi pada Android



10 Cara Memperkuat Sinyal Wifi pada Android

Zaman sekarang siapa sih yang gak butuh sinyal wifi? Hampir semua tempat strategis pasti menyediakan wifi. Apalagi kalau bisa menggunakan wifi secara gratis. Rasanya seperti dapat rezeki dadakan. Dengan menggunakan wifi kamu dapat menghemat kuota internet kamu dan bisa menggunakannya untuk hal-hal mendesak.

Terkadang saat berada di tempat yang menyediakan wifi, kamu mendapatkan wifi yang sinyalnya lemah. Ada banyak faktor yang menjadi penyebab wifi lemah.

Kini kamu gak perlu dongkol lagi jika smartphone Androidmu tak mampu menangkap sinyal secara baik. Keepo memiliki 10 cara memperkuat sinyal wifi untuk Android yang bisa kamu coba.

Update radio terbaru

Radio yang dimaksud bukan radio untuk mendengarkan informasi, melainkan konektivitas firmware pada perangkat kamu. Setiap update firmware baru akan membawa perbaikan internal. Salah satu dari perbaikan itu adalah perbaikan radio atau yang dikenal dengan baseband.

Baseband merupakan struktur koneksi nirkabel pada perangkat kamu seperti wifi, data, dan lainnya. Kamu bisa melakukan update radio tentu harus sesuai dengan perangkat kamu dan memerlukan tools resmi.

Gunakan aplikasi wifi booster dan analyzer

Kamu bisa mengunduh dan menggunakan aplikasi wifi booster dan Analyzer untuk memperkuat sinyal smartphonemu. Sejak pertama diluncurkan aplikasi ini mengalami banyak perubahan dan perbaikan secara signifikan yang menawarkan fungsi untuk membantu menangkap sinyal wifi. Jadi tunggu apalagi segera unduh aplikasi ini.

Lupakan old connection

Maksudnya kamu pasti pernah menggunakan berbagai wifi di berbagai tempat. Kamu bisa menghapus daftar wifi yang pernah kamu gunakan sebelumnya. caranya masuk ke ‘Settings-->Wi-Fi-->Saved Networks’ tap pada koneksi yang ingin kamu hapus lalu ‘forget’.

Ubah pengaturan dasar

Pengaturan dasar pada perangkat Android kamu cukup mempengaruhi konektivitas wifi dan daya baterai.

Kamu bisa menghindari koneksi wifi yang buruk dengan cara masuk ‘Settings-->Wi-Fi-Advanced-->periksa avoid poor connection’ lalu centang. Dengan begitu smartphone kamu akan mencari konektivitas wifi yang tersedia secara otomatis.

Gunakan custom ROM

Cara memperkuat sinyal wifi untuk Android yang selanjutnya bisa kamu coba adalah dengan mengkustom ROM. Cara ini mempunyai berbagai keuntungan.

Salah satunya tampilan antarmuka ponsel kamu akan berubah dan selain itu juga terdapat beberapa fitur yang menarik pada custom ROM. Bahkan kamu juga bisa memodifikasinya sesuai keinginan kamu.

Gunakan Custom Kernel

Jika smartphone kamu mempunyai custom kernel, kamu bisa menggunakannya supaya penerimaan sinyal wifi untuk ponsel kamu bisa maksimal.

Kamu dapat menemukan custom firmware untuk perangkat kamu pada forum XDA. Custom kernel memiliki banyak perbaikan, dan memiliki tweak untuk meningkatkan sinyal wifi, sinyal ponsel, dan sebagainya.

Jauhkan dari perangkat elektronik lain

Beberapa perangkat elektronik lain seperti microwave juga bisa menjadi penyebabnya wifi lemah dan lemot saat digunakan. Maka kamu harus menjauhkan berbagai perangkat elektronik tersebut dari router. Selain itu Anda juga bisa menggunakan router dual band agar dapat memindahkan frekuensinya dengan mudah.

Ubah pengaturan frekuensi wifi pada Android menjadi 5 Ghz

Pada perangkat Android keluaran terdahulu biasanya frekuensi wifi yang digunakan berada pada 2.4 Ghz. Sedangkan untuk saat ini sudah mampu menerima frekuensi yang lebih tinggi yaitu 5 Ghz. Artinya sinyal yang ditransmisikan akan lebih beragam.

Pastikan model wifi kamu juga menggunakan frekuensi yang sama. Kamu bisa mengikuti langkah berikut: ‘Settings-->Wi-Fi-->Advanced-->Wifi frequency band’ lalu pilih ‘Auto’. Secara otomatis ponsel kamu akan menggunakan frekuensi 5 Ghz.

Simpan router wifi pada tempat yang terbuka

Salah satu faktor yang menentukan kekuatan sinyal wifi adalah lokasi router. Jadi pastikan kamu menempatkan router di tempat terbuka. Penghalang seperti pintu, kaca, tembok, bisa menjadi gangguan besar untuk arus sinyal. Ruang tamu bisa menjadi tempat yang amat strategis untuk menempatkan router.

Matikan modem secara berkala

Kalau modem kamu terlalu lama digunakan, aliran listrik yang mengalir pada komponen modem berlangsung secara terus-menerus. Hal ini akan menyebabkan suhu pada modem meningkat. Hal ini akan menyebabkan noise pada sinyal karena mentransmisikan sinyal secara terus menerus hingga panas.

Itulah 10 cara memperkuat sinyal wifi untuk Android yang patut kamu coba. Cara-cara di atas sudah teruji ampuh untuk meningkatkan kualitas penerimaan sinyal pada smartphone kamu. Selamat mencoba.