Tips Memperbaiki Motherboard Laptop Rusak Mati Total

MEMPERBAIKI MOTHERBOARD LAPTOP RUSAK MATI TOTAL


Cara Memperbaiki Motherboard Laptop Rusak Mati Total:

1. Laptop tidak menyala saat menggunakan baterai laptop
Sobat dapat menyalakan laptop dengan kontak listrik atau adaptor AC secara langsung. Dan sobat dapat perhatikan apakah LED pada lampu laptop menyala atau tidak. Jika menyala maka adaptor menandakan terdeteksi. Dan jika ya, maka jack powernya dapat bekerja dengan baik.


2. Jika laptop atau notebook tetap masih tidak hidup, sobat bisa bongkar dan keluarkan baterai laptop. kemudian cari dan cabut CMOS pada laptop, dengan mencabut CMOS pada laptop maka sobat sama saja dengan mereset bios motherboard. Kemudian nyalakan kembali laptop dengan penghantar tegangan dari adaptor AC atau tegangan listrik dari kontak listrik, tanpa menggunakan baterai laptop.


3. Jika laptop atau notebook tetap masih tidak hidup, ada kemungkinan lainkerusakan memori RAM. Sobat perlu melakukan pembersihan pada memory RAM dengan cara membersihkan dengan menggunakan karet penghapus dan dihapus pada bagian tembaga kuningan dibawahnya. setelah pembersihan pada kedua slot tersebut maka sobat dapat menukar memory ram tersebut dengan cara menukar slotnya dengan slot yang lain.


4. Sebaiknya agar dapat menganalisa kemungkinan kerusakan pada laptop yang lainnya maka sobat dapat mencabut seperti HDD, CD/DVD drive, modem, usb, flashdisk atau panel LCD juga. Dengan cara mencabut hardware-hardware tersebut maka dapat meminimalkan kemungkinan kerusakan pada laptop. Kemudian analisa yang terjadi dengan cara melakukan menyalakan laptop dan booting ulang.


5. Pada masalah lain jika sobat melepas semua komponen pada point ke empat dan masih menolak untuk booting atau POST, maka besar kemungkinan akar permasalahan kerusakan ada pada motherboard laptop itu sendiri. Menggunakan cara alternative lain yaitu mencabut memory RAM dan mengganti dengan RAM yang baru.


6. Pada tahapan ini jika sobat sudah familiar dengan menggunakan multimeter maka sobat dapat memeriksa pada tombol power dan melihat benar-benar menyala atau tidak. Sobat juga dapat memantau tegangan sirkuit VRM (apakah mendapat tegangan listrik atau tidak) atau verifikasi resistensi pada tempat umum apakah mainboard mendapat ground atau tidak.


7. Reset BIOS pada settingan default, apakah tetap mau menyala dengan baik atau tidak.


8. Jika pada tahapan ketujuh sobat belum juga mendiagnosa masalah laptop dan tidak ada tanda-tanda kehidupan, apakah menyala atau tidak maka sebaiknya bawa ke ahli service laptop.