Tips Memperbaiki Charger Adaptor Rusak Atau Mati Total


Cara memperbaiki charger adaptor laptop yang rusak atau mati total dengan merk Acer, HP, Toshiba, Compaq, Axioo ternyata sangat mudah jika kita mengetahui caranya.

Adaptor laptop merupakan bagian yang sangat penting pada laptop karena tanpa adanya adaptor atau charger maka laptop tidak bisa digunakan semestinya.

Seringkali diantara kita yang mengalami masalah seperti ini, contohnya berkedipnya lampu adaptor laptop saat digunakan untuk melakukan pengisian baterai.

Jika lampu adaptor laptop sobat berkedip maka dipastikan kemungkinan akan terjadinya kerusakan pada adaptor laptopnya, saran IT Newbie jangan gunakan sementara adaptor yang sudah berkedip tersebut jika belum diketahui secara pasti kerusakannya.


Berikut ini ciri-ciri dan solusi kerusakan pada adapter laptop yang berkedip :

Gunakan adaptor laptop dengan merk sama, jika adaptor masih sama masih dalam keadaan berkedip atau tidak mau menyala sama sekali atau perbedaan warna lampu pada saat tidak rusak dengan rusak maka dapat dipastikan komponen didalam laptop ada yang rusak atau korslet.

Gunakan alat multitester untuk mengukur apakah arus pada adaptor laptop masih dalam keadaan normal yaitu sesuai dengan voltase dan arus yang terpampang di label adaptor laptopnya. Dalam hal ini biasa dilakukan oleh para teknisi laptop untuk mengetahui apakah adapter atau mainboard laptopnya yang memang benar-benar rusak.

Solusi jika menemui masalah adaptor laptop yang berkedip :

Jika memang masih ada garansi, bawalah laptop sobat ke service center terdekat

Jika memang sudah habis masa garansinya, bawalah laptop sobat ke tempat service kepercayaan sobat.

Jika memang hanya adaptornya yang rusak sobat bisa saja membeli adaptor laptop yang baru.

Bisakah Mainboard laptop diperbaiki?
Sebelum memastikannya apakah memang benar yang rusak itu benar-benar mainboard laptopnya, sobat perlu menganalisa dan melakukan pengetesan terhadap DC board atau port pada adaptor di motherboard laptop sobat. Biasanya yang sering dialami pada masalah ini, jika memang bukan adaptor laptopnya yang rusak, maka bisa saja kemungkinan terjadi pada salah satu kerusakan seperti di bawah ini :



DC Konektor boardnya atau port adaptor pada mainboard laptop anda mengalami retak atau kendor pada solderannya yang diakibatkan sering di pasang dan dicabut secara tidak hati-hati.

Pada jalur motherboard memang ada yang rusak dan korslet. Jika motherboardnya sampai terbakar, maka dapat dipastikan prosentase keberhasilan untuk perbaikan hal tersebut akan sangat tergantung pada tingkat kerusakan, ketersediaan pada sparepart, dan kehandalan teknisi yang mengerjakan masalah ini.