Panduan Cara Mendapat Uang Dollar dari Internet Hanya Dengan Rekam Suara


Apa itu akting suara? - Voice acting adalah seni melakukan voice-overs atau hanya menyediakan suara untuk mewakili karakter.

Pernahkah Anda membayangkan, di mana karakter kartun mendapatkan suara mereka? Yah, semuanya disediakan oleh aktor suara.

Ya, Mickey Mouse, Donald Duck, Goku dan hampir semua orang telah mendapatkan suara mereka dari aktor suara.

Jika Anda memiliki suara yang bagus atau Anda hebat dalam mimikri, menjadi aktor suara dapat membawa Anda banyak uang secara online.

Sebagai aktor pengisi suara, Anda dapat meminjamkan suara Anda ke film animasi, presentasi, video produk, program televisi, kartun, serial anime, permainan video, iklan, audiobook, dan sebagainya.

Cocok untuk -

Siapa pun yang memiliki suara yang jelas dan menarik.

Dibutuhkan keahlian -

1. Kemampuan untuk mengontrol frekuensi suara Anda.

2. Kemampuan untuk menunjukkan kemampuan akting.

3. Kemampuan untuk merasa nyaman dengan peralatan rekaman dan memiliki pemahaman dasar tentang cara kerja peralatan.

Cara Memulai -

Kunjungi situs web berikut, buat profil Anda, dan gali suara pekerjaan untuk Anda sendiri.

Voicebunny.com

Voice123.com


Penghasilan yang Diharapkan -

Penghasilan sangat fleksibel dalam industri ini. Jadi tidak ada angka pasti yang bisa saya berikan di sini. Penghasilan juga tergantung pada jumlah pekerjaan yang terlibat dalam suatu proyek.

Secara alami, proyek besar akan menghasilkan lebih banyak uang. Anda dapat mulai melakukan tugas kecil, pada awalnya, setelah Anda memiliki kepercayaan diri dan pengalaman, maka Anda dapat melanjutkan ke proyek menengah dan besar.

Berikut Tips Panduan Mendapat Dollar Hanya Dengan Rekam Suara :


Bagaimana Memulai Rekam Voice Acting?

1. Kembangkan bakat seni peran


Menjadi pengisi suara nyaris sama dengan berakting, bedanya hanya suaramu saja yang tampil. Tetap saja kamu harus menguasai seni peran, sebab suaramu harus mampu memerankan berbagai karakter sesuai kebutuhan.

Kalau kamu suka menirukan gaya bicara orang dan membuat orang sekitarmu yakin, maka kamu ada bakat di seni peran. Walau cuma suaramu yang berakting, justru ini jenis akting yang sulit.

Kamu harus dapat memerankan sesuatu tanpa didukung gestur, mimik wajah, atau gerakan. Semua sangat tergantung pada cara bicara, gaya, intonasi, kemampuan menguasai karakter.

2. Ambil kursus jika perlu


Bagaimana jika ternyata kurang berbakat tapi kamu menyukai dan antusias di bidang ini? Berlatihlah atau kalau perlu ambil kursus olah vokal. Kamu juga dapat bergabung dengan klub teater yang biasanya punya metode pelatihan seni peran berbasis suara.

3. Rekam suaramu


Suara yang kita dengar secara langsung sering kali hasilnya berbeda dengan suara yang direkam. Coba rekam suaramu, dengan membacakan suatu monolog atau narasi dari skrip. Putar dan simaklah, seperti apa hasilnya.

Apakah cukup jelas, cukup sesuai dengan harapan? Teruslah berlatih sampai hasil rekaman suaramu tak jauh berbeda dari suara aslimu atau bahkan lebih baik. Berlatihlah membaca dengan suara jelas dan keras, sebab aktivitas seorang pengisi suara akan sering melibatkan pembacaan telepromter.

4. Buatlah demo


Demo merupakan portofolio bagi seorang pengisi suara virtual. Inilah yang akan menjadi andalan ketika dia mencari pekerjaan. Maka buatlah demo sesempurna mungkin. Buatlah beberapa demo dengan karakter berbeda-beda, tapi yang menurutmu paling kamu kuasai. Siapkan setidaknya 3 sampai 4 demo.

Beberapa yang harus disiapkan dalam membuat demo:

Siapkan naskah

Pilih naskah yang singat, padat, enak diucapkan. Para agen atau produser hanya punya waktu singkat, antara 10-15 detik, untuk mendengar demo. Sebab mereka bisa menerima puluhan bahkan ratusan demo untuk didengar.

Maka buatlah naskah sesingkat dan sepadat mungkin. Cari naskah yang sesuai dengan karakter suara kita. Misalnya, kamu wanita dengan suara feminim, jangan memilih naskah dengan karakter pria maskulin. Kalau bahasa Inggris-mu pas-pasan, hindari memilih naskah berbahasa Inggris.

Merekam suara

Kalau punya anggaran, kamu bisa menyewa studio rekaman. Sebenarnya merekam suara dapat dilakukan sendiri, dengan perlengkapan memadai. Apalagi sekarang banyak gadget yang sudah dilengkapi aplikasi perekam suara yang cukup bagus. Rekam suaramu di ruangan yang tenang, jauh dari gangguan suara-suara lain.

Simpan demo secara online

Pengisi suara virtual akan berhubungan dengan banyak pihak secara online. Berarti kamu harus bisa menyimpan demo secara online juga. Ini akan memudahkanmu menyebarkan demo di berbagai media sosial.

Ada banyak aplikasi penyimpanan online yang bisa dipakai, seperti Google Drive, DropBox, Evernote. Ada juga media sosial yang bisa dimanfaatkan sebagai penyimpan demo, misalnya SoundCloud yang mengkhususkan diri untuk basis suara. YouTube juga bisa jadi penyimpan demo yang lebih atraktif, terutama kalau kamu mau menambahkan desain-desain menarik.

Bangun jaringanmu

Terhubunglah dengan kalangan yang bersentuhan dengan bidang pengisian suara. Orang-orang dari dunia iklan, mulai dari aktornya, sutradara, produser, rumah produksi, agensi pencari talent, dan sejenisnya.

Cari mereka di Twitter, Facebook, Path, Instagram, forum-forum online. Mulailah bergaul dengan mereka, membuka percakapan ringan, terlibat diskusi, berkenalan. Tonjolkan minat dan kemampuanmu sebagai seorang pengisi suara virtual.

Jangan lupa selalu sertakan tautan atau link ke web atau akun SoundCloud atau YouTube yang berisi demomu. Jangan ragu untuk menawarkan jasamu. Atau kalau perlu lakukan tanpa meminta bayaran, sebab kamu sedang membangun jaringan dan portofolio untuk karier di kemudian hari.


Tips Kerja Rekam Voice Acting

Karena ini bidang kerja yang tak kenal batas ruang, maka pertimbangkan untuk memperdalam bahasa Inggris. Ada banyak sekali web berisi informasi dibutuhkannya pengisi suara virtual, dan mayoritas berbahasa Inggris.

Tersedia juga kursus online untuk bidang ini, yang akan mempertemukanmu dengan jaringan lebih luas lagi. Maka tak akan ada ruginya mengembangkan kemampuan bahasa Inggris-mu.


Beberapa web yang berisi informasi seputar posisi pengisi suara virtual:


Voices.com

Kamu bisa melakukan registrasi tanpa bayaran, menciptakan profil beserta contoh suaramu. Setelah mendaftar, tersedia akses ke informasi lowongan pekerjaan freelance secara online.

Ada juga informasi audisi online yang diadakan agensi-agensi. Jika lolos audisi, kamu bisa mendapatkan bayaran yang dikirim melalui Paypal atau cek.


Voice123.com

Serupa dengan voices.com, namun web ini mengklaim tidak akan mengambil komisi pembayaran sama sekali. Kamu bisa mendapatkan bayaran langsung dari klien.


Voicebunny.com

Layanan ini sama dengan voice123.com. Tersedia juga informasi tentang proyek pengisian suara virtual dalam berbagai bahasa.


Bagaimana Pendapatan Rekam Voice Acting

Didukung bakat, latihan, serta peralatan pendukung yang memadai, pendapatan seorang pengisi suara virtual bisa sangat memuaskan. Bahkan dapat melampaui pendapatan tetapmu sebagai karyawan. Jam terbang akan sangat menentukan, juga pengalaman, luasnya  jaringan, dan reputasi.

Pengisi suara virtual bisa meraup 75 sampai 400 dolar AS untuk sekali proyek iklan. Bahkan yang sudah berpengalaman bisa mendapatkan 10.000 dolar AS.

Sistem pembayarannya bisa per proyek atau per pekerjaan basis. Rata-rata pendatapan untuk pengisi suara virtual adalah 100 dolar AS per 15 detik rekaman.

Untuk pengisi suara buku audio bisa mendapatkan 3000 dolar AS per buku. Metode honorarium ada yang berdasarkan durasi rekaman, ada juga yang berdasar jumlah kata per naskah. Cukup menggiurkan, bukan?