12 Trik Langkah Sukses Membangun Bisnis Online Dropship (Jualan Online) 2020



Apa itu Dropship?
Dropship adalah suatu sistem jual beli online di mana penjual tidak perlu menyetok barang dan proses dalam pengiriman produk itu sendiri.

Dropship bisa membantu untuk mendatangkan keuntungan kepada  supplier asli sebagai pemasok barang.

Sebagai dropshiper hanya bertugas memasarkan barang menggunakan foto foto yang telah disediakan oleh supplier, Dimana anda memajang foto jualan anda? Anda bisa gunakan marketplace lain misalnya anda mendapatkan supplierdi tokopedia maka anda bisa membuat akun di bukalapak dan menjual barang anda disana dengan harga yang lebih tinggi.

Pada saat pembeli memesan ke anda, anda tinggal meneruskan semua data nama, alamat pemesanan serta nomer hp dari pembeli untuk supplier kirimkan barangnya kesana.

Secara singkatnya begitu bagaimana seorang dropshiper bekerja, Kami akan jabarkan ke slide selanjutnya, Silahkan terus membuka aplikasi kami dan membaca ke bagian selanjutnya

1. Memilih Produk Yang Akan Dijual

Dalam pemilhan produk dropship ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, Dari hal harga sebaiknya memilih produk dengan harga kurang dari Rp 300,000 karena jika lebih dari itu terlalu beresiko karena mengingat jika supplier ternyata performanya kurang bagus. 

Hal selanjutnya yang perlu diperhatikan adalah jangan menjual produk tiruan, Produk tiruan atau palsu memiliki kualitas dibawah asli walaupun harga lebih murah, Hal ini akan menjadikan konsumen menjadi komplain akan hal tersebut. Penting sekali jika anda harus membeli terlebih dahulu produk tersebut untuk mengetest seberapa baik produknya.

Saya sarankan kamu menjual produk yang sedang trending, tetapi memang produk tersebut merupakan kebutuhan, bukan merupakan suatu hobi atau yang lainnya.

Melakukan riset produk yang matang untuk dijual ke masyarakat, Bagaimana jika anda memakai sendiri produk tersebut, Maka Anda bisa menilai produk tersebut.
Periksalah pesaing yang menjual produk sejenis, mulai dari harga, pelayanan, kecepatan, dan komentar para customer
Usahakan harga modal berkisar antara Rp 50,000 – Rp 300,000 agar Anda bisa menambahkan keuntungan sendiri pada barang dropship yang anda jual.

Saya sarankan agar anda memilih produk yang bisa dibeli kembali, karena kesempatan repeat order itu sangat besar, Serta produk yang berukuran kecil dan ringan agar menghindari ongkos kirim yang mahal.

2. Mempelajari Produk

Mempelajari produk setelah dipilih adalah sangat penting, Sebab anda harus mengetahui deskripsi, bahan dan material, kualitas, ukuran barang yang anda jual, Para customer sebelum membeli kebanyakan menanyakan produknya terlebih dahulu kepada anda. Walaupun pada kolom deskripsi sudah dijelaskan secara terperinci, Jadi pelajari produk setelah anda memilih.

3. Menganalisa Target Pasar

Dalam menganalisa target pasar, yang perlu anda lakukan adalah mengetahui produk anda dan memposisikan diri anda sebagai konsumen. Seberapa dibutuhkan produk anda, fungsi produk anda, gender yang akan membeli produk anda, analisa umur dan tingkat kebutuhan konsumen terhadap produk tersebut, Setelah andamengetahui pangsa pasar maka anda akan siap menjual produk anda.

4. Mengamati Bagaimana Para Dropshiper Lain Bekerja

Amati Tiru Modifikasi (ATM). Banyak sekali dropshiper lain yang sudah berjalan dan anda bisa meniru cara mereka bekerja. Sedikit ciri ciri dropshiper, menjual harga barang lebih mahal, foto produk yang sama dengan foto supplier, produk yang dijual itu ada toko lain yang menjualnya juga. 

Anda bisa mengamati toko tersebut, bagaimana customer melakukan komentar, berapa lama mereka online dan membalas chat. Silahkan amati tiru dan selanjutnya modifikasi.

5. Menentukan Suplier Yang Profesional

Mentukan supplier yang profesional sangat menentukan kemajuan usaha anda, beberapa kriteria yang harus anda perhatikan dalam memilih supplier.

Ketepatan waktu pengiriman, banyak sekali customer yang menanyakan setelah transfer. Kapan barang dikirim, Nah jika suppliernya lelet dalam pengiriman reputasi anda akan menjadi taruhan, Tetapi jika pengiriman cepat maka mereka akan lebih puas dengan pelayanan anda.

Ketersediaan stok, stok yang ada pada toko supplier harus anda tanyakan karena sangat menentukan stok barang anda, Tanyakan apakah mereka selalu update stok pada toko mereka jadi anda juga bisa mengupdate juga di toko anda, untuk meghindari cancel pengiriman karena stok kosong.

Responsif dalam pelayanan, saat anda chat supplier mereka juga harus merespon dengan cepat agar mengetahui stok, kesiapan mereka menerima pesanan anda.
Akurasi produk yang dikirim (versus informasi yang ditawarkan), Perhatikan deskripsi produk pada supplier anda, dan amati produknya. Apakah mereka menulis sesuai deskripsi? gambar pada toko mereka apakah menggunakan foto asli atau mengambil dari tempat lain. Nah ini pentingnya anda membeli untuk contoh diri anda terlebih dahulu, Jika semua sudah FIX dan masuk kriteria.

Selanjutnya Anda deal dengan supplier bahwa anda akan menjual produk mereka sebagai dropshiper, Jika mereka setuju mulailah untuk berjualan.

6. Mempelajari Strategi Pemasaran Dropshiper Sukses

Anda bisa masuk ke forum forum internet marketer di indonesia anda bisa mengunjungi situs https://ads.id/
Ada banyak master yang share disana mengenai dunia internet marketing, Banyak sekali tips di dunia dropship dan anda bisa belajar dari dropshiper sukses disana. Mempelajari apa yang mereka lakukan.

7. Membuat Strategi Pemasaran Sendiri

Buatlah strategi anda sendiri untuk memasarkan produk anda, Bisa sedikit memodifikasi dari apa yang orang orag lakukan di dunia dropship saat ini, Silahkan masuk ke forum forum dropshiper dan pelajari ilmu dari mereka, Apalagi jika anda mempunyai komunitas yang bisa saling berbagi.

Setelah itu anda bisa pelajari ilmu dari mereka, membuat strategi pemasaran sendiri dan action.

8. Memilih Sarana Pemasaran Yang Tepat

Ada banyak sarana pemasaran yang bisa anda lakukan untuk produk dropship. Baik yang berbayar maupun gratis. Untuk yang gratis anda bisa menggunakan media sosial yang anda punya. Menyebarkan link produk jualan anda di facebook, instagram, twitter dan lain sebagainya. Nanti di ahir akan saya berikan trik sedikit untuk anda terapkan pada sistem dropship anda.

9. Membuat Identitas Toko dan Logo

Buatlah desain logo dan toko anda, ini merupakan hal yang kadang dilupakan para pebisnis. Identitas merupakan sesuatu yang penting bagi kelangsungan dan mengenalkan toko anda pada customer.. Begitu orang melihat logo anda, mereka tau bahwa itu adalah toko anda.

10. Trik Memasarkan Produk

Saya ingin berbagi trik sedikit mengenai bisnis dropship ini, Hal pertama yang anda lakukan setelah semua sudah ditentukan produk, supplier,  Maka simpan gambar dan deskripsi dalam file yang rapih, Catat harga dan semua kelengkapannya.

Selanjutnya anda bisa membuat akun di semua marketplace. Contohnya : Bukalapak, Tokopedia, Shopee, Lazada, Bli Bli dan marketplace lainnya.

Anda tinggal memposting di marketplace lainnya tersebut menggunakan akun anda, dengan menambahkan harga untuk keuntungan anda sendiri.

Setelah itu anda disarankan standby untuk menjawab chat dari pelanggan. Disarankan harus fast response.
Mudah mudahan dengan jalan diatas kamu bisa mendapatkan jalan rizki yang halal dan berkah. Aamiin.

11. Action dan Eksekusi

Action adalah kunci anda membangun bisnis. Kapan anda akan bisa meraih kesuksesan tanpa adanya action dan memulai. Eksekusi, jalani, jangan terlalu banyak mikir dan pertimbangan. Semua bisa dilakukan sambil berjalan. Terus Bekerja dan jangan lupa untuk berdoa kepada TUHAN YANG MAHA KUASA.

12. Evaluasi

Evaluasi semua yang sudah Anda lakukan, bila ada kesalahan dan kelemahan segera perbaiki dan mencari solusi yang lebih baik.

Lebih kurangnya seperti itu, Bila masih ada yang kurang dipahami silahkan cari referensi lebih lanjut. Terimakasih.


# cara menjadi dropship di shopee, cara menjadi dropship di tokopedia, cara menjadi dropship di lazada, cara menjadi dropship di marketplace, cara menjadi dropshipper, cara jadi reseller baju online tanpa modal, cara menjadi dropship bukalapak, cara daftar menjadi dropship tokopedia