6 Penyebab SIM Card Tidak Terbaca di Smartphone dan Cara Mengatasinya


Topik: 
  • Slot SIM Card tidak terdeteksi
  • Fix SIM Card tidak terdeteksi
  • Service SIM Card tidak terbaca
  • Cara Mengatasi kartu sim tidak didukung
  • HP tidak bisa membaca SIM Card
  • Cara Mengatasi SIM Card tidak terbaca


 

Bukan Kapten - Salah satu kendala yang kerap dialami oleh pengguna smartphone adalah SIM Card yang tidak terbaca. Walaupun banyak bertebaran cara mengatasi SIM Card yang tidak terbaca, Kamu seharusnya juga tau apa sih penyebab SIM Card tidak terbaca.

Nah, pas banget nih! Kali ini Admin bakalan bahas apa aja sih penyebab SIM Card tidak terbaca di smartphone dan tips singkat mengatasinya. Jadi, langsung simak aja yuk!

Penyebab SIM Card Tidak Terdeteksi di Smartphone

Kalau sudah beli paket internet tapi SIM Card tidak terbaca kan bikin kesal, makanya cari tau yuk penyebabnya kenapa bisa tidak terbaca berikut ini!

1. Posisi SIM Card Tidak Pas

Apakah Kamu sudah cek dengan benar posisi SIM Card yang benar untuk smartphone Kamu? Karena setiap smartphone memiliki posisi yang berbeda-beda. Supaya tidak salah coba untuk melihat buku panduan saja.

2. SIM Card Kotor

Jika posisi tidak menjadi masalah, cobalah untuk cek kondisi SIM Card Kamu. Apakah terlihat kotor atau terdapat debu yang menempel?

Jika ada, Kamu harus membersihkannya dengan benar, sehingga SIM Card jadi bisa terbaca kembali. Karena, kotoran yang menempel akan mengganggu proses terbacanya SIM Card.

3. Kekuningan SIM Card Sudah Rusak

Nah, jika Kamu sudah membersihkannya, ada kemungkinan SIM Card pada bagian kuningnya sudah rusak. Biasanya hal tersebut diakibatkan gesekan yang dalam.

Jika ada goresan, salah satu solusinya Kamu harus ke store provider untuk meminta ganti kartu yang rusak tadi.

4. SIM Card Sudah Diblokir

Jika Kamu sudah mengecek tidak ada goresan pada kuningan SIM Card, bisa jadi SIM Card Kamu sudah diblokir. Hal ini bisa disebabkan karena Kamu tidak melakukan perpanjangan masa aktif SIM Card.

Jika Kamu curiga dengan poin ini, Kamu bisa bertanya ke bagian customer service apakah benar SIM Card sudah diblokir karena tidak memperpanjang masa aktif.

6. Slot SIM Card Rusak

Jika sudah mengganti SIM Card yang lain, ada kemungkin slot SIM Card di smartphone Kamu rusak. Kalau masalah ini Kamu harus membawanya ke service center.

5. Software Smartphone Error

Jika semua hardware sudah dicek, bisa jadi ada masalah di software. Coba dengan melakukan restart smartphone lebih dulu. Jika masih tidak terdeteksi coba dengan mengaktifkan mode pesawat dulu, lalu nonaktifkan.

Nah, jika masih tidak bisa juga, jalan satu-satunya dengan reset smartphone. Supaya semua software di smartphone langsung diperbarui atau bisa juga tanyakan langsung ke tempat servis terdekat.

So, bagaimana Sobat bosque.. ? Sekarang Kamu sudah tau kan apa aja sih penyebab SIM Card tidak terdeteksi di smartphone.

Jangan lupa untuk membagikan artikel ini ke teman-teman Kamu yang mengalami hal serupa ya.. *****

Terkait:
  • Cara Mengatasi kartu SIM tidak terbaca di Xiaomi
  • Cara memperbaiki HP Nokia kartu SIM tidak terbaca
  • SIM Card tidak terbaca di Sony Xperia Docomo
  • Slot SIM card rusak
  • Kartu SIM tidak ada sinyal
  • Kartu SIM tidak terbaca di HP OPPO