Anti Lag! Ini 10 Hape Gaming Terbaik 2020, Dari Yang Murah Hingga Yang Mahal



Kalian suka bermain game di smartphone? Memang inilah salah satu aktivitas yang saat ini paling sering dilakukan di waktu senggang. Tentunya bermain game akan lebih seru kalau kalian menggunakan smartphone gaming 2020 yang mumpuni, apalagi yang dirancang khusus untuk mobile gaming.

Saat ini telah banyak smartphone yang mengusung spesifikasi tingkat tinggi sehingga bisa menjalankan berbagai game mobile yang berat dengan lancar; tak terkecuali Mobile Legends yang menjadi game sejuta umat.

Nah kali ini Blog Receh akan membahas beberapa smartphone gaming 2020 terbaik yang mungkin bisa menjadi smartphone andalan kalian untuk bermain game. Apa saja? Simak pembahasannya berikut ini gaes!

10. Razer Phone 2

Razer akhir tahun lalu telah memperkenalkan smartphone gaming generasi kedua miliknya yang bernama Razer Phone 2. Sebagai generasi kedua, tentunya smartphone ini harus membawa peningkatan dari generasi sebelumnya. Razer Phone 2 mengusung layar seluas 5,7 inci dengan refresh rate variabel hingga 120Hz.

Untuk spesifikasi, Razer Phone 2 menggunakan Chipset 845 yang dilengkapi dengan sistem pendingin ruang uap yang baru, yang bertujuan agar chipset tidak sampai mengalami throttling ketika menjalankan game dengan grafis tinggi. Selain itu, smartphone ini memiliki 8 GB RAM dan 64 GB untuk media penyimpanan.

Razer Phone 2 memiliki kapasitas baterai sebesar 4,000 mAh dan mendukung QuickCharge 4.0+ dan fast Qi Wireless Charging hingga 15 W. Razer juga memberikan ketahanan super untuk smartphone gaming buatannya ini dengan mengantungi sertifikat IP67 yang memberikan ketahanan terhadapp air dan debu. Untuk harga, Razer Phone 2 saat ini dibanderol sekitar Rp12 jutaan.

9. Vivo IQoo

Bulan lalu Vivo juga telah mengumumkan smartphone gaming miliknya yaitu Vivo IQoo. Sebagai ponsel yang ditujukan untuk keperluan bermain game, produk perdana dari iQoo yang baru dirilis di Tiongkok ini dibekali spesifikasi papan atas. Panel layarnya berjenis AMOLED dengan ukuran 6,4 inci dan memiliki rasio layar terhadap bodi yang diklaim mencapai 91,7 persen.

Dapur pacunya Snapdragon 855, dengan RAM hingga 12 GB, serta memori internal hingga 256 GB. Baterainya berkapasitas 4.000 mAh dan mendukung fast charging hingga 44 watt. Ada juga fitur-fitur khusus akselerasi gaming dan penunjang hiburan, seperti AI Turbo, Center Turbo, Game Turbo, Cooling Turbo, hingga Audio 4D Gaming 2.0.

Untuk harga, Vivo iQoo dijual mulai dari Rp6,3 juta untuk konfigurasi 6 GB RAM dan 128 GB memori penyimpanan. Sedangkan untuk 12 GB RAM dan 256 GB memori penyimpanan akan dijual sebesar Rp9 jutaan.

8. Nubia Red Magic 3

Nubia juga telah merilis smartphone gaming terbaru yaitu Red Magic 3 untuk menggantikan generasi sebelumnya yang rilis tahun lalu. Smartphone gaming 2020 terbaik ini memiliki panel AMOLED ultra-lebar FHD+ seluas 6,65 inci. Sedangkan kecepatan refresh layar 90Hz dan refresh rate sentuh 240Hz. Selain itu, prosesor yang digunakan adalah Snapdragon 855 dengan terdapat beberapa konfigurasi mulai RAM 6 GB hingga 12 GB.

Nubia Red Magic 3 menawarkan baterai kolosal berkapasitas 5.000 mAh yang dilengkapi sistem pengisian cepat 27 W. Tak hanya menawarkan spesifikasi untuk kebutuhan gaming, Red Magic 3 juga dibekali kamera belakang tunggal berkekuatan 48MP (f/1.7) dengan sensor Sony IMX586, yang mampu menjangkau slow-motion hingga 1.920 fps dan mengabadikan video sampai 8k. Mengenai kamera depannya berkekuatan 16MP (f/2.0). Nubia Red Magic 3 dijual dengan harga sekitar Rp6,8 juta.

7. Black Shark 2 Pro

Tak ingin berhenti hanya menelurkan dua smartphone gaming, Xiaomi secara resmi merilis model terbaru dari Black Shark 2, yakni Black Shark 2 Pro. Smartphone gaming teranyar Black Shark ini sudah menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 855+. Di mana berbeda dengan Snapdragon 855 biasa, prosesor ini menjanjikan peningkatan performa keseluruhan sebesar 4.5 persen, dengan peningkatan GPU sebesar 15 persen.

Black Shark 2 Pro hadir dengan bentang layar 6,39 inci, RAM 12GB, kombinasi dual kamera belakang 48MP+12MP, dan kamera selfie 20MP. Menariknya, Black Shark 2 Pro juga telah menggunakan sistem pendingin teknologi Liquid Cool 3.0+ agar memberikan performa terbaik ketika memainkan game. Untuk mendukung performa, Black Shark juga menanamkan baterai berkapasitas 4.000 mAh disertai denan dukungan fast charging 27W. Berbeda dengan generasi sebelumnya, smartphone gaming ini juga menghadirkan sensor sidik jari di dalam layar.

Black Shark 2 Pro bakal dibanderol dengan harga Rp6,1 juta untuk versi penyimpanan 128 GB dan Rp7,1 juta untuk penyimpanan 256 GB.

6. ROG Phone 2

Terakhir, ASUS akhirnya telah resmi merilis smartphone gaming terbaru mereka, yaitu ROG Phone 2. Berbeda dengan generasi sebelumnya, pada seri kedua ini ASUS telah memberikan pembaruan dari sektor spesifikasi dan desain. Pada sisi spesifikasi, ASUS menanamkan prosesor tertinggi generasi terbaru milik Qualcomm, Snapdragon 855 Plus, sama seperti Black Shark 2 Pro.

Agar multitasking semakin ngebut, ROG Phone 2 juga memiliki RAM yang sangat besar yakni sebesar 12 GB LPDDR4X. Selain itu, untuk sisi penyimpanan smartphone gaming terbaik ini memiliki kapasitas 512 GB dengan teknologi UFS 3.0 yang baru. Fitur pendingin pada generasi sebelumnya juga kembali hadir untuk ROG Phone 2. Di mana ROG Phone 2 masih menggunakan pendinginan 3D Vapor Chamber ditambah kipas pendingin yang disebut ASUS dapat meningkatkan performa pendinginan yang lebih baik.

Perusahaan asal Taiwan ini juga memberikan kapasitas baterai untuk ROG Phone 2 sebesar 6000 mAh. Menariknya, ROG Phone 2 juga telah mendukung fitur Quick Charge 3.0 yang memberikan waktu pengisian daya baterai lebih cepat.

ASUS ROG Phone 2 dijual mulai dari Rp8,499,000 untuk versi Elite Gamer Package.

Lima smartphone gaming 2020 terbaik berikutnya merupakan smartphone yang dibanderol dengan harga berkisar 2 sampai 3 juta. Apa saja?

5. Oppo K3

Tahun 2019 lalu, Oppo telah merilis smartphone yang diperuntukan bagi anak-anak muda yang kreatif dan ingin mencicip teknologi terbaru di smartphone mereka. Oppo K3 mengusung layar AMOLED berukuran 6,5 inci dengan resolusi Full HD Plus, rasio aspek 19,5:9, dan rasio screen-to-body yang diklaim mencapai 91,1 persen.

Di sisi dapur pacu, Oppo K3 menggunakan prosesor Snapdragon 710 yang dipadankan dengan RAM 6 GB dan media penyimpanan 64 GB. Untuk sistem biometrik, Oppo K3 mengandalkan modul pemindai sidik jari yang tertanam langsung di dalam layar (in-display). Oppo K3 menjalankan sistem operasi Android 9.0 Pie dengan modifikasi antarmuka khas Oppo Color OS 6.0.

Smartphone ini ditenagai oleh baterai berkapasitas 3.765 mAh dengan dukungan teknologi pengisian cepat VOOC 3.0 20W. Dengan spesifikasi yan g diusung, smartphone ini layak untuk menjadi smartphone gaming terbaik yang tidak kalah dengan merek lainnya. Apalagi saat ini Oppo K3 sudah turun harga menjadi Rp3 jutaan dari harga awal sekitar Rp4 jutaan.

4. Vivo Z1 Pro

Vivo Z1 Pro merupakan smartphone mid-range anyar yang baru diperkenalkan secara resmi pada bulan Juli 2019 kemarin. Ponsel serba bisa ini hadir dengan membawa balutan desain baru bertajuk Ultra O Screen yang mampu memberikan tampilan modern dan kekinian.

Pada bagian belakang, terdapat lengkungan 3D yang indah dengan perpaduan warna gradasi yang tidak biasa sehingga mampu memberikan kesan stylish, berkualitas dan berkelas.

Masuk ke ranah spesifikasi, Vivo Z1 Pro dinobatkan menjadi ponsel pertama di Indonesia yang menggendong prosesor fabrikasi 10nm FinFET Qualcomm Snapdragon 712. Adapun guna mengoptimalkan kinerja dapur pacunya perusahaan telah membekali perangkat ini dengan dukungan RAM maksimal 6GB serta penyimpanan internal hingga 128GB yang masih bisa diperluas lagi menggunakan slot dedicated microSD.

Hampir tak ada kendala berarti ketika menjalankan Vivo Z1 Pro untuk menjalankan banyak aplikasi ataupun bermain game populer sekelas Asphalt 9:Legends, Mobile Legends, atau Arena of Valor. Menariknya, dalam paket penjualan perdana, perusahaan bahkan memberikan bundling item yang bisa diredem para penggemar game battle PUBG Mobile. Vivo Z1 Pro dijual mulai dengan harga Rp2,599,000.

3. Xiaomi Note 8 Pro

Pada bulan Agustus 2019 lalu, Note 8 Pro dirilis bersamaan dengan seri Note 8. Bedanya, Redmi Note 8 Pro merupakan versi premium dari seri kembarnya. Ada beberapa perbedaan yang mencolok mulai dari kamera hingga chipset yang digunakan.

Harga Xiaomi Redmi Note 8 Pro dijual dengan harga di kelas mid-end, sesuai dengan spesifikasi dan kapasitasnya sebagai smartphone kelas menengah. Smartphone ini menggunakan display panel FHD+ dengan ukuran layar sebesar 6,53 inci. Pengguna bisa menyesuaikan keseimbangaan warna display sesuai keinginan dan kenyamanan saat menggunakannya. Pengaturan ini bukanlah hal yang mengejutkan karena ini telah menjadi standar bagi pengguna MIUI.

Untuk spesifikasi, Note 8 Pro menggunakan Helio G90 yang diproduksi oleh MediaTek dan digunakan pada Redmi Note 8 Pro. Chipset yang satu ini cocok digunakan untuk pengguna smartphone yang hobi bermain game. Teknologi yang diciptakan oleh MediaTek ini meningkatkan performa saat bermain game. Pihak Xiaomi mengistimewakan Helio G90 sebagai nilai jual yang tinggi pada seri Note 8 Pro. Smartphone ini dijual sekitar mulai Rp2,900,000 untuk varian 6GB/64GB.

2. Samsung Galaxy A50s

Samsung resmi meluncurkan Samsung Galaxy A50s pada bulan September 2019, yang merupakan ponsel baru ini suksesor dari Samsung Galaxy A50 yang belum lama ini juga sudah merambah pasar tanah air. Mengusung layar Super AMOLED dengan luas 6.4 inci serta didukung resolusi Full HD+, Samsung Galaxy A50s hadir dengan desain atas layar takik atau notch tempat kamera depan.

Tak main-main, kamera depan yang disuguhkan beresolusi 32MP atau lebih tinggi dari pendahulunya. Pada bagian jeroannya, Samsung Galaxy A50s dibekali chipset Exynos 9611 yang dipadu dengan dua varian RAM maupun penyimpanan internal yang dihadirkan pasar tanah air RAM 4 GB/ROM 64GB dan RAM 6 GB/ROM 128GB. Keduanya bisa diekspansi dengan microSD hingga 512GB. Samsung mengklaim ponselnya ini sangat kuat untuk memainkan game PUBG dengan setingan smooth extreme. Samsung Galaxy A50s dibanderol sekitar Rp3,259,000 untuk varian 64GB.

1. Realme 5 Pro

Pertama kali meluncur di pasar smartphone Indonesia pada September 2019 lalu, Realme 5 Pro hadir untuk memenuhi kebutuhan konsumen kelas mid-range yang menginginkan smartphone gaming powerful dengan harga terjangkau.

Realme 5 Pro datang dengan performa yang powerful yang tangguh. Sebagai smartphone quad kamera pertama Realme, Realme 5 Pro merupakan salah satu smartphone yang diunggulkan Realme di 2019 lalu.

Hadir dengan kekuatan 48MP AI Quad Camera, Realme 5 Pro juga membanggakan kekuatan chipset Snadragon 712 AIE yang tangguh dan ngebut untuk melakukan berbagai aktivitas mobile harian. Tidak hanya itu penggunanya bisa bertahan lebih lama berkat hadirnya baterai 4.035 mAh, lengkap dengan fitur pengisian cepat VOOC 3.0 20W. Realme 5 Pro varian 4+128GB kini turun harga dari harga semula Rp2,999,000 kini menjadi Rp2,799,000. Penurunan harga ini dimulai tanggal 11 Januari 2020 kemarin.

Nah itulah beberapa smartphone gaming 2020 terbaik yang akan saling beradu dalam pasar game mobile. Dari beberapa smartphone tersebut, manakah yang jadi tambatan hati kalian?