2 Cara Mudah Menggunakan iMessage iPhone di Android


Cara Menggunakan iMessage di Perangkat Android, aplikasi weMessage Android, Aplikasi AirMessage Android apk

Zona Milenial - Dapatkan info menarik tentang aplikasi penghasil uang dan pulsa gratis, Dollar PayPal, OVO, DANA, GoPay, Voucher, Diamond dan yang lainya.

Berbagi info menarik seperti Bisnis, Game, Tekno & Gadget, Dunia sains dan artikel menarik lainya.

_ iMessage merupakan layanan perpesanan eksklusif milik Apple yang memiliki beragam fitur. Terkadang beberapa pengguna Android ingin menikmati fitur keren tersebut dengan tampilan dinamis ala iPhone.

Layanan iMessage mengamankan pesan dari perangkat pengirim melalui server Apple ke perangkat penerima menggunakan sistem enkripsi end-to-end khusus. Karena alasan ini, jaringan iMessage hanya dapat digunakan oleh perangkat sejenis yang tahu cara mendekripsi pesan tersebut.

Dilansir dari Make Tech Easier, meski begitu ada dua program yang bisa pengguna gunakan untuk mendapatkan iMessage di perangkat Android, yaitu weMessage dan AirMessage. Berikut cara menggunakan iMessage di perangkat Android:

1. weMessage

Program ini merutekan pesan teks melalui jaringan iMessage menggunakan enkripsi Apple, untuk mengirim ke dan dari macOS, iOS, dan perangkat Android.


Untuk menggunakan weMessage, pengguna memerlukan akun Apple ID atau iMessage, versi Android Lollipop atau lebih tinggi, aplikasi weMessage di perangkat Android, Mac yang menjalankan Yosemite atau versi yang lebih tinggi, dan Java 7 atau lebih tinggi.

Sebelum melakukan langkah-langkah di bawah ini, pengguna perlu memastikan Mac yang digunakan telah menginstal Java 7 atau yang lebih tinggi untuk menggunakan weMessage.

Pengguna dapat mengeceknya ke Finder > Applications > Utilities > Terminal dan ketik Java. Klik Return. Jika pengguna melihat kesalahan, artinya Java belum diinstal di Mac.

Pertama, unduh WeMessage, instal, dan jalankan di Mac lalu buka System Preferences > Security & Privacy dan klik tab Privacy. Klik Accessibility untuk mengaktifkan beberapa fitur di dalamnya.

Kedua, pengguna akan melihat ikon kunci di sisi kiri bawah layar. Klik untuk membuka kunci pengaturan lalu klik ikon "+" dan buka Applications > Utilities pada hard drive. Klik Terminal > Open.

Ketiga, klik dua kali weMessage run.command untuk membuka program. Jendela Terminal akan terbuka di mana pengguna dapat mengetikkan alamat email dan kata sandi iMessage pengguna.

Keempat, atur aplikasi weMessage yang dapat diunduh di Play Store. Buka aplikasi dan ketuk Continue. Pada Mac, buka System Preferences > Network.

Kelima, klik Advanced > TCP/IP untuk mendapatkan alamat IP Mac. Ini akan memungkinkan Mac dan weMessage terkoneksi dengan aplikasi di perangkat Android.

Keenam, masukkan alamat IP Mac ke bidang masing-masing di aplikasi weMessage, ketikkan email dan kata sandi iMessae yang pengguna gunakan di langkah sebelumnya, lalu ketuk Sign In.

Selanjutnya, pada layar Conversations, pengguna dapat mengirim pesan teks dengan mengujinya menggunakan iPhone. Jika pesan ditampilkan dalam gelembung iMessage berwarna biru, itu artinya pengguna berhasil menggunakan iMessage di perangkat Android.

Sebagai catatan, agar pengaturan berfungsi maka perangkat Mac dan Android harus berada di jaringan internet yang sama. Jika pengguna ingin menggunakan iMessage dari lokasi mana pun, pengguna dapat mengatur Port Forwarding untuk mengonfigurasi jaringan pengguna agar memungkinkan koneksi eksternal mengakses jaringan.

2. AirMessage

Untuk menggunakan program ini, pengguna membutuhkan Mac dengan Yosemite atau lebih tinggi dan perangkat Android yang menjalankan Marshmallow atau lebih tinggi.


Pertama, instal server yang akan menjembatani iMessage dan aplikasi AirMessage lewat akses https://airmessage.org/files/server/latest/ Unduh ke Mac dan simpan di folder Aplikasi.

Kedua, luncurkan AirMessage dan klik Open Preferences dari pesan selamat datang. Klik Edit Passwords dan masukkan kata sandi baru.

Ketiga, aktifkan akses otomasi AirMessage dengan masuk ke System Preferences > Security & Privacy. Klik Privacy > Accessibility. Selanjutnya, jika pengguna menggunakan macOS Mojave 10.14 atau lebih tinggi, izinkan AirMessage membaca data pesan dengan menambahkan AirMessage. Untuk melakukannya, buka System Preferences > Security & Privacy > Privacy > Full Disk Access lalu tambahkan AirMessage.

Keempat, nonatifkan sleep settings pada Mac untuk memungkinkan AirMessage berfungsi sepanjang waktu sehingga dapat menerima dan mengirim pesan. Untuk melakukan ini, buka System Preferences > Energy Saver dan ubah pengaturan.

Langkah selanjutnya adalah mengonfigurasi koneksi untuk memastikaan penggunaan aplikasi AirMessage. Sama seperti weMessage, pengguna juga dapat menggunakan penerusan port dengan AirMessage sehingga Anda dapat terhubung dari lokasi mana pun. Temukan alamat IP dengan masuk ke System Preferences > Network dan pilih jaringan.

Konfigurasikan penerusan port pada router dengan menghubungkan ke alamat gateway default. Pengguna dapat menemukannya dengan masuk ke System Preferences > Network (Wi-Fi selected) > Advanced > TCP/IP lalu klik Router.

Buka Pengaturan Penerusan Port (Port Forward Settings) dan buat entri penerusan port baru dengan alamat IP Mac pengguna . Ketik TCP lalu simpan perubahan.

Sebagai catatan, ketika alamat IP berubah, AirMessage tidak akan dapat terhubung ke server tetapi pengguna dapat memperbaikinya dengan menggunakan penyedia DNS dinamis seperti No-IP.

Terakhir, siapkan AirMessage untuk terhubung ke server pengguna dengan membuka aplikasi dan memasukkan alamat server pengguna (nama host DNS dinamis) dan kata sandi yang pengguna gunakan sebelumnya pada langkah awal. Setelah tersambung, sinkronkan pesan untuk transisi antara komputer dan perangkat Android.

Demikian pembahasan mengenai Cara Menggunakan iMessage di Perangkat Android, Semoga saja bisa menambah ilmu dan pengetahuan buat semuanya, Kunjungi terus Zona Milenial untuk mendapatkan sajian menarik berikutnya.