Ini Cara Mudah Hapus Jejak Online Anda di Google Secara Permanen



Zona Milenial - Dapatkan info menarik tentang aplikasi penghasil uang dan pulsa gratis, Dollar PayPal, OVO, DANA, GoPay, Voucher, Diamond dan yang lainya.

Berbagi info menarik seperti Bisnis, Game, Tekno & Gadget, Dunia sains dan artikel menarik lainya.

Ini Cara Hapus Jejak Online Anda di Google

Di era digital ini, data adalah sumber utama dari perusahaan teknologi informasi. Google, misalnya. Perusahaan mesin pencari di jagat dunia maya ini, melakukan pengolahan data terbesar di internet.

Google mengumpulkan sejumlah besar informasi pribadi tentang penggunanya, bahkan mungkin lebih dari yang Anda sadari. Google mengawasi setiap pencarian yang Anda lakukan.

Namun, jangan khawatir, Anda masih dapat melindungi data diri Anda agar tidak terlihat secara publik. Anda bisa menghapus catatan aktivitas online Anda, kok!

Jika Anda ingin memberikan kontrol lebih besar atas data Anda, tetapi tetap menginginkan layanan Google, seperti pencarian dan peta digital, langkah berikut ini bisa Anda akukan:

Masuk ke Akun Google Anda atau bisa mengakses https://myaccount.google.com/ dan pilih Data & Personalisasi di bar navigasi.

Untuk melihat daftar semua aktivitas Anda yang telah dicatat oleh Google, gulir ke “Activity control”, lalu pilih “Web & App Activity”

Jika Anda ingin Google berhenti melacak pencarian web dan gambar Anda, riwayat browser, pencarian peta dan arah, dan interaksi dengan Google Assistant, hapus centang pada kedua kotak. Jika tidak, lanjutkan ke langkah berikutnya.

Selanjutnya, klik “ManageActivity”. Halaman ini menampilkan semua informasi yang Google kumpulkan pada Anda dari kegiatan yang disebutkan di langkah sebelumnya, sepanjang hari bahkan hari di mana Anda membuat akun.

Untuk mengatur Google agar secara otomatis menghapus data jenis ini baik setiap tiga atau setiap 18 bulan, klik "Choose to delet automatically” dan pilih jangka waktu yang Anda rasa paling nyaman. Google akan menghapus data yang lebih lama dari jangka waktu yang Anda tentukan, misalnya jika Anda memilih tiga bulan, informasi yang lebih dari tiga bulan akan segera dihapus.

Jika Anda lebih suka menghapus beberapa bagian dari semua riwayat aktivitas Anda secara manual, pada bilah navigasi sebelah kiri pilih "Delete activity by”. Anda dapat memilih menghapus aktivitas berdasarkan jam terakhir, hari terakhir, semua waktu atau rentang kustom.

Setelah Anda memilih pengaturan autodelete atau memilih secara manual data yang ingin Anda hapus, akan muncul sebuah kotak dialog dan meminta Anda untuk mengonfirmasi. Pilih “Delete” (untuk pilihan hapus aktivitas menurut) atau “Confirm” (untuk pilihan penghapusan otomatis dengan rentan waktu sendiri).

Demikian pembahasan mengenai Ini Cara Hapus Jejak Online Anda di Google, Semoga saja bisa menambah ilmu dan pengetahuan buat semuanya, Kunjungi terus Zona Milenial untuk mendapatkan sajian menarik berikutnya.